PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS INDIVIDU DAN TEKNOLOGI-pkkm prodi psikologi
Binus, 30 Agustus 2021. Kegiatan PKKM Prodi Psikologi yaitu Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbasis Individu dan Teknologi.
Kemampuan dan modalitas belajar yang berbeda-beda antarindividu perlu disikapi dengan pendekatan yang berbeda sehingga pendekatan dalam metode pengajaran tidak lagi bisa bersifat “one size fits all”. Dengan pendekatan pengajaran yang berbeda, salah satunya adalah Differentiated Instructions (DI), mahasiswa dapat memahami materi dengan lebih baik karena materi disampaikan melalui “pintu” masuk yang berbeda-beda, sesuai modalitas belajar mereka masing-masing. Mahasiswa yang daya tangkapnya kurang cepat tidak tergopoh-gopoh menyeimbangkan dirinya dengan yang lebih cepat. Sedangkan mereka yang daya tangkapnya cepat juga diberikan ruang untuk bereksplorasi. Pengimbangan itu tentunya akan meningkatkan keyakinan mahasiswa mengenai proses pembelajaran yang ialakukan, yang akan mendorong keyakinan dirinya juga untuk menempuh jalur pengembangan keilmuan sesuai yang ia minati.Penyesuaian strategi pengajaran yang berbasis individu akan melibatkan penyesuaian pada konten, metode, produk, dan lingkungan pembelajaran. Revolusi Industri 4.0 dan kondisi pandemi yang terjadi setahun terakhir sangat mendorong penggunaan teknologi dalam proses belajar. Teknologi membantu para dosen dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif bagi mahasiswa. Maraknya penggunaan teknologi dalam pengajaran kini menjadi kenormalan baru dalam pendidikan. Oleh karena itu, penyesuaian strategi pembelajaran seyogyanya juga mempertimbangkan penggunaan inovasi-inovasi teknologi guna makin memudahkan pembelajaran dan meningkatkan keyakinan diri mahasiswa. Walaupun demikian, tidak dipungkiri bahwa dalam penggunaannya, teknologi juga dapat memberikan dampak buruk bukan hanya pada fisik, melainkan juga ke mental para penggunanya. Akan tetapi, di sisi lain, penggunaan teknologi tidak dapat dihindari sehingga perlu dilakukan berbagai riset untuk melihat atensi individu dalam penggunaan teknologi, terutama dari sisi fisiologis dan psikologisnya.
Program ini bertujuan untuk: 1.Mengembangkan matakuliah yang melibatkan strategi pengajaran yang inovatif berbasis pendekatan individu dan teknologi. 2.Meningkatkan kualitas dosen terkait strategi pengajaran yang inovatif berbasis pendekatan individu dan teknologi. 3.Penerapan hasil riset dosen, khususnya terkait penggunaan teknologi dan wellbeing. 4.Mengembangkan kemitraan program studi