Sustainable Practices in Hotel Industry

BINUS Hotel Management study program mengadakan seminar dalam rangka implementasi Project Competitive Fund Vokasi. Seminar bertajuk Sustainable Practices in Hotel Industry diadakan pada hari Kamis, 18 April 2024 secara onsite di Hotel Santika Slipi.

Seminar dibawakan oleh Mr. Junhyeok Choi sebagai F&B Director – Mandarin Oriental Hotel dan Bapak M.Ikbal Alexander sebagai Waste Management Director – Kertabumi Recycling Center.

Seminar ini mengangkat Isu lingkungan saat ini menjadi isu yang vital karena meningkatnya global warming dan dampaknya seperti suhu extrim, kepunahan biodiversitas dan lain sebagainya. Oleh karena itu industri wajib untuk melakukan sustainability practices. Seminar ini juga mengangkat tema sustainability practices dalam industri hospitality dengan narasumber dari industri perhotelan dan dari penggiat lingkungan.

Pembahasan dari narasumber pertama yaitu Mr. Junhyeok Choi sebagai F&B Director Hotel Mandarin Oriental, mengenai Sustainability khusus nya dari industri hospitality dan FnB, dengan menerapkan supply chain yang ramah lingkungan mulai dari proses procurement, proses operasional hotel / restaurant, serta waste management.

Pembahasan kedua dari narasumber Bpk. Moch Ikbal Alexander, Waste management director dari Kertabumi Recycling Center mengenai sustainability dari sudut pandang penggiat lingkungan dengan beberapa program nya seperti pelatihan pelatihan ke industri perhotelan tentang sustainable practices, serta kegiatan daur ulang dari waste yang masih bisa diolah kembali.