2023 DIGITAL JAPANESE STUDIES SYMPOSIUM : DIGITAL HUMANITIES AS NEW PARADIGM ON JAPANESE STUDIES IN INDONESIA

Japan Studies adalah bidang akademik interdisipliner yang berfokus pada mempelajari Jepang dan budaya, sejarah, masyarakat, bahasa, dan sastranya. Yang mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk antropologi, seni, sejarah, sastra, linguistik, ilmu politik, hubungan internasional, ekonomi, sosiologi, dan studi budaya.

Sebagai suatu bidang, Japan Studies memiliki jangkauan global dengan para sarjana dan peneliti yang bekerja di universitas dan lembaga penelitian di seluruh dunia. Selain itu, ini adalah bidang yang terus berkembang seiring dengan dihasilkannya penelitian dan beasiswa baru yang memperdalam pemahaman kita tentang Jepang dan tempatnya di dunia.

Untuk mendukung hal tersebut, Fakultas Humaniora Universitas BINUS didukung oleh Japan Foundation pada tanggal 03 Maret 2023, menyelenggarakan “The 2023 Digital Japanese Studies Symposium: Digital Humanities as New Paradigm on Japanese Studies in Indonesia.” Simposium ini merupakan bagian dari Koalisi Indonesia-Jepang untuk Humaniora Digital, yang diharapkan dapat menyediakan platform untuk memperkaya Studi Jepang di Indonesia dengan metode Humaniora Digital dalam berbagai disiplin ilmu Humaniora, termasuk namun tidak terbatas pada linguistik, budaya, dan sosial dan ilmu Politik.

Welcoming speech:

Takahashi Yuichi

Director General, the Japan Foundation Jakarta

Opening remarks:

Dr. Elisa Carolina Marion (Dean of Humanities, BINUS University)

Keynote Session:

Digital Humanities in Japan Studies

Prof. Kiyonori Nagasaki, Ph.D. (The International Institute for Digital Humanities)

Source: https://japanese.binus.ac.id/2023/04/04/review-of-the-2023-digital-japanese-studies-symposium-digital-humanities-as-new-paradigm-on-japanese-studies-in-indonesia/