Focus Group Discussion (FGD) School of Accounting 05 Agustus 2022

Hari ini, Jumat 05 Agustus 2022 telah diadakan Focus Group Discussion (FGD) School of Accounting secara daring, yang diikuti oleh sejumlah Narasumber beserta topik pembahasan masing-masing.

FGD School of Accounting kali ini mengangkat tema “Current Issue in Accounting Profession and Technology Industry 4.0 Challenges” dan relevansinya terhadap pengembangan kurikulum baru School of Accounting Universitas Bina Nusantara. Pembahasan mendetail dijabarkan pada breakout room masing-masing PIC dari Breakout room 1 yaitu Mahasiswa, alumni & orangtua, Breakout room 2 yaitu Industry & Professional, Breakout room 3 yaitu Kurikulum, Breakout room 4 yaitu Professor.

Breakout Room 1 : Mahasiswa, alumni & orangtua.

Mahasiswa, alumni dan orangtua saling sharing mengenai pembelajaran School of Accounting di BINA NUSANTARA, salah satunya ada Jessica Ongo yang bercerita bahwa pembelajaran selama perkuliahan selama ini ada keseimbangan antara teori yang diberikan dengan tools yang ada. Sehingga mahasiswa tidak selalu berkutik dengan teori namun juga ada praktik atau sistem yang diimplementasikan.


Breakout Room 2 : Industry & Professional.

Para pembicara industri dan professional saling berbagi insight dan pandangan mengenai pengaruh Akuntansi dalam Technology Industry 4.0 pada masa sekarang.  Seperti yang diutarakan oleh Bapak William Tanuwijaya dari Delloitte bahwa kita perlu memiliki Foundation Core skill sebagai pengetahuan basic Akuntansi, seperti bisa membaca laporan keuangan, melihat suatu trend, dan sebagainya.


Breakout Room 3: Kurikulum

Untuk pembahasan Kurikulum, BINUS menghadirkan pakar kurikulum dari KaProdi UI, UGM, UNAIR yang menjabarkan mengenai Eksistensi Akuntansi di masa depan akan menjadi seperti apa, dan bagaimana cara menarik minat mahasiswa untuk program Akuntansi ini. Ibu Luluk dari Universitas Indonesia (UI) menjelaskan bahwa di UI, mereka selalu berkoordinasi dengan Fasilkom untuk dapat melakukan pengembangan mata kuliah Akuntansi yang pada masa teknologi industri 4.0 ini harus menggabungkan dengan Sistem Komputerisasi Akuntansi, Ibu Choirunissa dari Universitas Gajah Mada (UGM) menjelaskan bahwa di UGM melihat pada BINUS yang sudah menjalankan double degree yang menggabungkan Program studi Akuntansi dengan Sistem Informasi, sangat menginspirasi Universitas lain untuk menjalankan hal yang serupa.

Breakout Room 4 : Professor

Para Professor dari berbagai Universitas saling berdiskusi bahwa semua tergantung mindset kita sendiri untuk menjalankan program studi Akuntansi ini. Akuntan perlu inovasi dan bersinergi dengan teknologi seperti Block Chain, Artificial Intelligence dan lainnya. Dalam kompetensi pun harus mencangkup 2 hal yaitu High Tech dan High Touch.