Program Pengayaan Inovatif Proyek sosial di Desa Segaran Batujaya Karawang- PKKM PRODI SI

Binus, 30 Agustus 2021. Kegiatan PKKM Prodi Sistem Informasi yaitu Program Pengayaan Inovatif Proyek sosial di Desa Segaran Batujaya Karawang.

Membangun desa menjadi salah satu kegiatan mahasiswa di luar kampus dalam pelayanan kepada masyarakat. Desa yang dituju untuk dikembangkan adalah Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang. Desa Segaran memiliki daya tarik untuk pariwisata karena desa ini memiliki 3 candi. Saat ini Desa Segaran memiliki kendala dalam peningkatan di bidang ekonomi, pariwisata dan kesulitan melakukan  administrasi warganya. Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi diharapkan dapat memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Untuk lebih mengenal Desa Segaran dapat mengakses https://visitsegaran.com/ atau  https://www.youtube.com/watch?v=Q0DvqId49Fg. Kegiatan ini juga dibimbing oleh 1 orang pembimbing universitas dan 1 orang pembimbing lapangan.

Tujuan program yaitu membangun Sistem Pariwisata Desa Segaran oleh mahasiswa Sistem Informasi yang bekerjasama dengan mahasiswa Prodi Pariwisata, termasuk mengembangkan  administrasi desa dan peningkatan pemasaran objek pariwisata dan pengembangan produk UMKM warga. Mahasiswa akan melakukan proyek pengembangan e-commerce administrasi desa (keuangan dan operasional), dan implementasi strategi melalui media sosial termasuk pemanfaatan social media analytics.

 Output program yaitu terdapat 8 mahasiswa yang sudah diseleksi untuk melakukan proyek sosial di Desa Segaran yang akan dilaksanakan pada Semester Ganjil 21/22. dan sudah dilakukan proses pengadaan laptop untuk mendukung proyek sosial Desa Segaran yang akan berjalan di September 2021.

Metode Pelaksanaan; Tahap 1: Membuka lowongan 10 mahasiswa untuk bisa melakukan observasi dan survey. Terdapat 8 mahasiswa yang sudah mendaftar untuk Project Desa Segaran. Briefing Mahasiswa untuk observasi di Desa Segaran dilaksanakan tanggal 31 Agustus 2021, pukul 09.00 – 10.00 by Zoom. Koordinasi dengan PIC Desa Segaran dan timnya pada 31 Agustus 2021, pukul 10.00 – 12.00 by zoom untuk tindak lanjut kegiatan dan rencana observasi lapangan.

Tahap 2: Membeli 10 laptop untuk kegiatan sekolah di Desa Segaran dan penyerahan Laptop pada September 2021.

Tahap 3: Workshop/Training penggunaan E-Commerce kepada masyarakat Desa Segaran di Bulan Sept – Des 2021. Observasi dan survei Desa by zoom atau onsite melihat situasi PPKM di bulan Sept – Des 2021.

Tahap 4 (Tahun 2022): Analisa terhadap kegiatan warga dan peluang Pariwisata Desa. Desain Aplikasi Pariwisata Desa Segaran