Penyusunan mata kuliah berbasis Pembelajaran Inovatif Berbasis Individu dan Teknologi

Binus, 30 Agustus 2021. Pelaksanaan PKKM Prodi Psikologi melaksanakan penyusunan mata kuliah berbasi pembelajaran inivatif berbasis individu dan teknologi.

Kemampuan dan  modalitas  belajar  yang  berbeda-beda  antarindividu  perlu  disikapi  dengan pendekatan yang berbeda sehingga pendekatan dalam metode pengajaran tidak lagi bisa bersifat “one  size  fits   all”.  Dengan pendekatan  pengajaran  yang  berbeda,  salah satunya  adalah Differentiated Instructions (DI),  mahasiswa dapat memahami materi dengan lebih baik  karena materi disampaikan melalui “pintu” masuk yang berbeda-beda, sesuai modalitas belajar mereka masing-masing.   Mahasiswa   yang   daya   tangkapnya  kurang   cepat/tidak   tergopoh-gopoh menyeimbangkan dirinya dengan yang  lebih  cepat.  Sedangkan mereka yang daya  tangkapnya cepat juga diberikan ruang untuk bereksplorasi. Pengimbangan itu tentunya akan meningkatkan keyakinan mahasiswa mengenai proses pembelajaran yang ia lakukan, yang  akan  mendorong keyakinan dirinya juga untuk menempuh jalur pengembangan keilmuan sesuai yang ia minati.

Tujuan program ini  yaitu  bertujuan untuk mengembangkan matakuliah yang melibatkan strategi pengajaran yang inovatif berbasis pendekatan individu dan teknologi. Metode yang digunakan  pada tahun 2021  DI akan diterapkan di satu mata kuliah sebagai pilot project. Selain itu dilakukan juga pengkayaan lebih lanjut kepada para dosen dengan melibatkan universitas mitra maupun berbagai online course. Output dari kegiatan ini  yaitu pelaksanaan uji coba DI di Biopsychology (terdiri dari 10 modul) dengan menggunakan tools aplikasi Augmented Reality.