PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS INDIVIDU DAN TEKNOLOGI-pkkm prodi psikologi

Binus, 30 Agustus 2021. Kegiatan PKKM Prodi Psikologi yaitu Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbasis Individu dan Teknologi.

Kemampuan  dan  modalitas  belajar  yang  berbeda-beda  antarindividu  perlu  disikapi  dengan pendekatan yang berbeda sehingga pendekatan dalam metode pengajaran tidak lagi bisa bersifat “one  size  fits   all”.  Dengan  pendekatan  pengajaran  yang  berbeda,  salah satunya  adalah Differentiated Instructions (DI),  mahasiswa dapat memahami materi dengan lebih baik  karena materi disampaikan melalui “pintu” masuk yang berbeda-beda, sesuai modalitas belajar mereka masing-masing.   Mahasiswa   yang   daya   tangkapnya  kurang   cepat tidak   tergopoh-gopoh menyeimbangkan dirinya dengan yang  lebih  cepat.  Sedangkan mereka yang  daya  tangkapnya cepat juga diberikan ruang untuk bereksplorasi. Pengimbangan itu tentunya akan meningkatkan keyakinan mahasiswa mengenai proses pembelajaran yang  ialakukan, yang  akan  mendorong keyakinan dirinya juga untuk menempuh jalur pengembangan keilmuan sesuai yang ia minati.Penyesuaian strategi pengajaran yang berbasis individu akan melibatkan penyesuaian pada konten, metode, produk, dan lingkungan pembelajaran. Revolusi Industri 4.0 dan kondisi pandemi yang terjadi setahun terakhir sangat mendorong penggunaan teknologi dalam proses belajar. Teknologi membantu  para  dosen  dalam  menciptakan  lingkungan  pembelajaran  yang  kondusif  bagi mahasiswa. Maraknya penggunaan teknologi dalam pengajaran kini  menjadi  kenormalan baru dalam  pendidikan.  Oleh  karena  itu,   penyesuaian  strategi   pembelajaran  seyogyanya  juga mempertimbangkan   penggunaan    inovasi-inovasi   teknologi    guna    makin    memudahkan pembelajaran dan meningkatkan keyakinan diri mahasiswa. Walaupun demikian, tidak dipungkiri bahwa dalam penggunaannya, teknologi juga dapat memberikan dampak buruk bukan hanya pada fisik, melainkan juga ke mental para penggunanya. Akan tetapi, di sisi lain, penggunaan teknologi tidak dapat dihindari sehingga perlu dilakukan berbagai riset untuk melihat atensi individu dalam penggunaan teknologi, terutama dari sisi fisiologis dan psikologisnya.

Program ini bertujuan untuk: 1.Mengembangkan matakuliah yang melibatkan strategi pengajaran yang inovatif berbasis pendekatan individu dan teknologi. 2.Meningkatkan kualitas dosen terkait strategi pengajaran yang inovatif berbasis pendekatan individu dan teknologi. 3.Penerapan hasil riset dosen, khususnya terkait penggunaan teknologi dan wellbeing. 4.Mengembangkan kemitraan program studi