KEGIATAN PKKM PRODI PSIKOLOGI-Penyusunan Program Pengembangan Softskills

Binus, 30 agustus 2021. Kegiatan PKKM Prodi Psikologi melakukan penyusunan Program Pengembangan Softskills. Program Studi Psikologi melihat pentingnya pengembangan soft skill yang terprogram dengan baik untuk dapat membantu mahasiswa memiliki keyakinan diri yang baik. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Kementerian Kesehatan RI, 2019) menunjukan bahwa pada kelompok umur 15-24 tahun, ada 6,1% yang beresiko mengalami depresi dan 10% beresiko mengalami gangguan mental emosional. Artinya ada lebih dari 150 ribu individu di tingkat pendidikan menengah atas dan pendidikan tinggi yang beresiko mengalami depresi atau gangguan mental emosional. Hal ini membuat keyakinan diri menjadi hal yang sangat diperlukan, dan pengembangan soft skill menjadi perlu untuk dilakukan.

Tujuan program ini untuk  membangun soft-skill yang dibutuhkan mahasiswa untuk dapat lebih adaptif  dan menguatkan pembelajaran dalam kelas dengan penguatan soft-skill Mahasiswa. Metode yang digunakan yaitu FGD dengan narasumber dan Mahasiswa. Outputnya berupa Modul Soft Skill Berbasis Kualitas Diri.

Praktikum Coaching Pertama (berpasangan dengan mentor coach)   dan Praktikum coaching kedua dengan sesama peserta pelatihan  

 

Praktiuk Pertama

Praktikum kedua