KEGIATAN PKKM PRODI PSIKOLOGI-ANALISA STRATEGIS DAN PENGEMBANGAN SOFTSKILLS MAHASISWA

Binus, 30 Agustus 2021. Dalam kegiatan PKKM Prodi Psikologi yaitu membuat analisa strategis dan pengembnagan softskill mahasiswa.

Program Studi Psikologi melihat pentingnya pengembangan soft skill yang terprogram dengan baik untuk dapat membantu mahasiswa memiliki keyakinan diri yang baik. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Kementerian Kesehatan RI, 2019) menunjukan bahwa pada kelompok umur 15-24 tahun, ada 6,1% yang beresiko mengalami depresi dan 10% beresiko mengalami gangguan mental emosional. Artinya ada lebih dari 150 ribu individu di tingkat pendidikan menengah atas dan pendidikan tinggi yang beresiko mengalami depresi atau gangguan mental emosional. Hal ini membuat keyakinan diri menjadi hal yang sangat diperlukan, dan pengembangan soft skill menjadi perlu untuk dilakukan.

Program Studi Psikologi berencana untuk menyusun kegiatan-kegiatan pengembangan soft skill dan kapasitas dosen. Kegiatan tersebut akan dimulai dengan penelitian mengenai kaitan soft skill dengan Kualitas diri dalam kepribadian, yang akan menjadi acuan untuk indikator perilaku dalam pembentukan dan pengembangan soft skill. Seluruh kegiatan pengembangan soft skill dan kapasitas dosen ini masuk dalam program “Strategi Analisis dan Pengembangan Soft Skill Mahasiswa.”

Tujuan  kegiatan ini untuk mendapatkan gambaran mengenai tingkatan soft-skill Mahasiswa. Metode yang dilaukan studi kuantitatif Survey, da output yuang diharapkan membuat alat ukur Soft Skill berbasis kualitas diri.