FGD Pengembangan Kurikulum Entrepreneurship

Universitas Bina Nusantara rutin melakukan tinjauan dan pengembangan kurikulum. Pada tanggal 16-17 Maret 2021, Binus Business School (BBS) mengadakan tinjauan kurikulum entrepreneurship melalui Focus Group Discussion dengan tujuan mendapatkan masukan dari pelaku di industri, asosiasi, akademisi dan pengguna lulusan-lulusan. Binus Business School (BBS) mengadakan kegiatan diskusi bersama yang dilakukan secara online melalui media Zoom. FGD ini bertujuan untuk menggali lebih lanjut tantangan dihadapi lulusan di masa depan, kompetensi lulusan PT dari sudut pandang industri; kemampuan/skills yang dibutuhkan oleh industri, baik itu technical ataupun soft skills.

FGD dilakukan 2 kali yaitu pada tanggal 16 Maret 2021 dengan mengundang akademisi dari 3 Universitas dalam negeri dan 3 universitas luar negeri, untuk membahas kurikulum, proses pembelajaran serta kondisi kebutuhan entrepreneur di negaranya masing-masing.

FGD hari kedua dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2021, dimulai dengan pembukaan oleh Wakil Rektor III dan Dekan Binus Business School (BBS). FGD dihadiri 40 Narasumber yang dibagi kedalam 5 kelompok diskusi yang diharapkan diskusi dapat digali lebih dalam dan spesifik. Tema-tema yang dibahas, yaitu bidang Incubator, Accelerator & VC, Alumni & Pelaku Usaha, Finance & Payment, Pemerintah & Asosiasi/UMKM, Marketplace & Platform Digital.

Beberapa catatan penting dari hasil FGD seperti pentingnya lulusan yang mempunyai kemampuan adaptasi dalam lingkungan yang agile, pentingnya membaca tren, melakukan forcast 5 tahun ke depan serta digitalisasi perlu diperhatikan dalam merancang kurikulum serta pentingnya memahami platform sistem serta masukan masukan lainnya yang sangat bermanfaat lainnya.