PRESS CONFERENCE GRANT SEASAC

Partisipasi BINUS UNIVERSITY Persiapkan Sales Professional Kelas Dunia Melalui SEASAC Training Week

Jakarta, 21 Maret 2019 – South East Asian Sales Competition (SEASAC) adalah proyek “capacity building” yang ditujukan untuk  perguruan tinggi di wilayah Asia Tenggara. Proyek ini didanai oleh Erasmus + dari Uni Eropa dan bekerja sama dengan Turku University of Applied Sciences, Finlandia sebagai project leader. Proyek SEASAC ini  merupakan konsorsium dari 12 insititusi pendidikan yang terdiri dari  4 universitas di Eropa, 5 universitas di Indonesia, 2 universitas di Thailand, dan SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre).  Proyek SEASAC berlangsung selama 3 tahun dan bertujuan untuk memperkuat kemampuan perguruan tinggi di Asia Tenggara dalam menyediakan tenaga sales professional B2B (Business-to-Business) yang dapat bersaing di pasar internasional.

BINUS UNIVERSITY adalah coordinator partner Asia Tenggara untuk proyek SEASAC ini. Salah satu kegiatan pendahuluan yang dilakukan adalah SEASAC Training Week yang diselenggarakan di Jakarta pada 18-22 Maret 2019 di kampus BINUS BUSINESS SCHOOL, Senayan, Jakarta, dan Opening Ceremony yang dilaksanakan hari ini (21/3) di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Jakarta.

SEASAC Training Week dirancang untuk melatih para dosen perguruan tinggi untuk mengembangkan kompetensi fundamental sales B2B International. Pada akhir pelatihan, semua peserta diharapkan memiliki gagasan untuk penerapan modul sales B2B International yang telah disesuaikan dengan budaya bisnis di Indonesia dan Thailand. Dalam SEASAC Training Week, peserta akan belajar bagaimana mengembangkan kurikulum pendidikan tinggi berbasis pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa (student-centered learning approach), serta diperkaya dengan kerjasama universitas dan pelaku bisnis. Sebagai model pengajaran dan pembelajaran yang membumi, dalam pelatihan ini diperkenalkan konsep Sales Competition sebagai metode penilaian hasil belajar yang berorientasi bisnis. Selain itu, konsep Sales Competition menawarkan peluang kepada perusahaan untuk memperoleh tenaga sales professional B2B berbakat di masa depan.

Para pelatih SEASAC Training Week berasal dari empat universitas Eropa yaitu Turku University of Applied Sciences, Finlandia; University of Applied Sciences Wiener Neustadt, Austria; Edinburgh Napier University, Scotland dan Haaga-Helia University of Applied Sciences, Finlandia. Peserta pelatihan merupakan tenaga pengajar dari Thailand dan Indonesia, yang berasal dari berbagai universitas seperti Mahasarakham University dan Rangsit University, Thailand; BINUS UNIVERSITY, Jakarta; Universitas Putra Indonesia “YPTK”, Padang; Universitas Sebelas Maret, Surakarta; Universitas Katolik Parahyangan, Bandung; Politeknik Negeri, Batam; serta didukung penuh oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC) – Kementerian Riset dan Teknologi DIKTI.

Dr. Rini Setiowati, Dekan BINUS BUSINESS SCHOOL-Master Program mengapresiasi kepercayaan yang diberikan kepada tim BINUS sebagai tuan rumah SEASAC Training Week. “Selaras dengan visi BINUS Higher Education yaitu membina dan memberdayakan masyarakat (fostering and empowering the society), kerjasama ini diharapkan dapat melahirkan sales professional B2B yang berkualitas untuk mengisi kebutuhan pasar sesuai standar internasional. Dari sisi akademis, para pengajar juga mendapatkan peningkatan keilmuan dalam rangka membentuk sales professional B2B berbakat untuk kemajuan Indonesia di masa depan,” ujar Rini.

Mengenai B2B Sales

Business-to-Business (B2B) Sales berbeda dengan dari penjualan yang ditargetkan ke konsumen (B2C/Business-to-Consumer) dalam banyak hal, karena interaksi penjualan dilakukan antara perusahaan dan memerlukan kompetensi yang berbeda ketika berinteraksi dengan konsumen.

Meskipun penjualan adalah akselerator pertumbuhan perusahaan yang tidak dapat disangkal, upaya dalam mendidik mahasiswa terkait sales dan pengembangan kompetensi sales professional belum mendapatkan prioritas. Investasi dalam pendidikan dan pengembangan individu akan membantu perusahaan untuk berjaya di pasar global. Dengan berkembangnya kompetensi para pengajar di perguruan tinggi, diharapkan semakin banyak sales professional bertumbuh di Indonesia.

Sekilas tentang BINUS BUSINESS SCHOOL

BINUS BUSINESS SCHOOL merupakan bagian dari BINA NUSANTARA Group yang telah berpengalaman dan memberikan sumbangsih selama lebih dari 37 tahun dalam bidang pendidikan di Indonesia.

BINUS BUSINESS SCHOOL (BBS) menyelenggarakan pendidikan program bisnis untuk jenjang S1, S2, S3. Program S1 terdiri dari S1 reguler (BBS-Undergraduate Program) dan S1 internasional (BBS-International Undergraduate Program). Untuk S2, BBS-Master Programs memiliki program unggulan, yaitu : MM Young Professional dengan peminatan Creative Marketing dan Business Management; MM Professional dengan peminatan Business Management; MM Executive dengan peminatan Strategic Management; dan MM Blended Learning dengan peminatan Business Management. Sedangkan untuk S3, BBS-Doctorate Program memiliki program yaitu Doctor of Research in Management.

BINUS BUSINESS SCHOOL telah memperoleh akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT). BINUS BUSINESS SCHOOL juga mendapatkan penghargaan dari MURI untuk kategori pembuatan 100 Local Case Study dalam kurun waktu empat tahun.

Selain berada di kawasan pusat bisnis Senayan, Jakarta; BINUS BUSINESS SCHOOL juga hadir di area Kemanggisan, Jakarta; dan Alam Sutera, Tangerang.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:
Erin Cita Rahayu
Marketing Communication
Ph : (021) 720 2222 ext. 3207
Email : ecrahayu@binus.edu
Website : bbs.binus.ac.id