Hibah Pembelajaran Inovatif – Bencmark Ke Universitas di Malaysia

Binus, Pada tanggal 9 – 10 Desember 2018, Tim Hibah Pembelajaran Inovatif Binus University mengadakan kegiatan Bencmark ke beberapa Universitas di Malaysia. Kegiatan benchmark ini dalam rangka pelaksanaan Hibah Pembelajaran Inovatif 2018 dari Kemenristikdikti, Tim Binus diwakili oleh Jurusan Information System menerapkan Creative Comprehensive Learning Method.

Tujuan dari penerapan Creative Comprehensive Learning Method untuk mata kuliah Information System Analysis and Design antara lain mendukung program pemerintah Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Menristekdikti Mohamad Nasir yang memiliki target pencapaian Industri 4.0 (yang diimplementasikan di sektor pendidikan menjadi Education 4.0), di mana pembelajaran lebih berfokus kepada peserta Didik untuk dapat lebih proaktif belajar dan lebih kreatif yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Dan menciptakan inovasi di dalam pembelajaran salah satu mata kuliah pengawasan mutu serta core competency di School of Information Systems yaitu mata kuliah Information System Analysis and Design, serta lebih mempersiapkan peserta didik ketika mereka bekerja setelah mereka lulus.

Serta mendukung kompetensi utama, performance standard, dan menjawab learning outcomes yang diharapkan dari mata kuliah Information Systems Analysis and Design, juga meningkatkan interaksi antara pengajar dengan peserta didik. Peserta didik tidak hanya belajar dengan pengajar di dalam kelas, tetapi proses pembelajaran juga dapat dilakukan di luar kelas (dengan pengajar, industri, komunitas, dan masyarakat).