widodo

Binus University telah berhasil menjalin kerjasama Hibah Riset NUNI (Nationwide University Network in Indonesia) dengan Universitas Parahyangan, Universitas  Petra dan Universitas Surabaya dalam pengembangan Intelligent Telepresence Robot dengan kemampuan penghindaran halangan menggunakan Interval type-2 Fuzzy Logic Controller. NUNI (Nationwide University Network Indonesia) adalah bentuk jejaring 21 universitas negeri dan swasta di Indonesia yang bertujuan untuk melakukan kolaborasi strategis di bidang penelitian bersama, pertukaran dosen dan pertukaran mahasiswa dengan tujuan  “Creating value in academic excellence through research collaboration, and mobility of faculty and student”. Untuk Hibah Riset ini, BINUS menyediakan dana penelitian yang digunakan oleh tim yang terdiri dari berbagai universitas NUNI.

Ketua dari tim penelitian Telepresence Robot pada tahun  ini adalah Bapak. Dr. Widodo Budiharto (Binus University), dengan anggota mitra Ibu Dr. Cecilia Nugraheni (Universitas Parahyangan), Bapak Resmana Lim, Msc (Universitas Petra), Bapak Hendi Wicaksono, MT (Universitas Surabaya) serta Bapak Bayu Kanigoro, M.T (Binus University). Kegiatan ini didukung juga oleh Computing Laboratory, Tim School of Computer Science BINUS University yang diwakili oleh Bapak Muhsin Shodiq, MSc dan Ibu Margaretha Ohyver, M.Si (Jurusan Statistika).

Telepressence Robot, suatu alat yang dapat dikendalikan Laptop/PC mampu digunakan untuk berkomunikasi/vidio conferencing system atau supervisi melalui jaringan komputer, dimana fitur ini sangat diperlukan di masa yang akan datang. Hasil riset ini juga telah dihasilkan Buku untuk pengajuan HKI dan publikasi pada Jurnal International terindex Scopus bereputasi tertinggi (Q1).

Kegiatan evaluasi dan penutupan hasil riset bersama NUNI dilaksanakan pada tanggal 10-11 Januari 2014, bertempat di kampus Syahdan – Binus University Jakarta. Hadir pada kegiatan tersebut  Wakil Rektor Global Employability and Entrepreneurship, Bapak Dr. Ir. Boto Simatupang, MBP. yang menyambut baik pelaksanaan kegiatan riset bersama NUNI ini.