Pada tanggal 2 – 4 Desember 2013, Binus University melakukan studi banding ke beberapa universitas di Malaysia, yaitu Open University Malaysia, Global Nxt University, dan Nottingham University. Kunjungan ini dilakukan untuk mempelajari sistem akademik, learning center, collaboration, dan service center operation yang ada pada ketiga universitas tersebut. Hasil ini antara lain meliputi: penjelasan terkait program yang dijalankan pada ketiga universitas tersebut, termasuk sistem pembelajaran, komposisi penilaian, dosen, pengembangan program, pengembangan materi, pengembangan sistem informasi, dsb.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program hibah kerjasama antara Binus University dengan Direktorat Pendidikan Menengah (DIKMEN) dalam rangka pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk program hibah ini, Binus University berperan di dalam program pengembangan Prototype Learning Management Systems (LMS) untuk SMK.

Hasil studi banding memberikan wawasan baru bagi tim Binus untuk mengembangkan Learning Management Sistem, yang dapat dibuat semudah mungkin dan disesuaikan dengan cara belajar (pedagogy) siswa SMK. Pengembangan prototype LMS akan diujicobakan kepada SMK yang menjadi mitra Binus dalam program hibah ini.

Kunjungan ke Open University Malaysia:

Benchmark Malaysia

Kunjungan ke Global Nxt University:

BM2

Kunjungan ke Nottingham University:

BM3