BINUS UNIVERSITY dan Badan Penelitian dan Pengembangan (LitBang) Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM selaku Rektor BINUS UNIVERSITY dan Dr. Ir. Haryono, M.Sc. selaku Kepala Badan LitBang Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia bertempat di Kantor Sekretariat Badan Litbang Pertanian pada hari Rabu 4 April 2012. Kerjasama dalam bidang Riset dan Pelatihan bidang Sistem Informasi dan Teknologi Informasi ini merupakan yang pertamakali dilakukan oleh BINUS UNIVERSITY dalam bidang pertanian.

Melalui kerjasama antara Badan LitBang Pertanian dan BINUS UNIVERSITY dapat dibangun suatu jaringan yang melibatkan para peneliti, tenaga pengajar, mahasiswa, dan staff, dalam riset dan pengembangan sistem dan teknologi informasi bidang pertanian. Rektor BINUS UNIVERSITY Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM menyatakan kerjasama ini dapat mewujudkan penciptaan teknologi pertanian yang memiliki nilai tambah ekonomi yang tinggi dalam pembangunan pertanian dan memiliki nilai ilmiah tinggi. Hal ini tentunya akan mempengaruhi pencapaian status sebagai lembaga penelitian berkelas dunia (a world class research institution) bagi Badan Litbang Pertanian yang juga selaras dengan pencapaian visi BINUS UNIVERSITY sebagai ”a world class university in continuous pursuit of innovation and enterprise.”

 “Kerjasama antara BINUS UNIVERSITY dan Badan LitBang Pertanian meliputi Konsorsium dalam IT Research on Agriculture Problem Solving, penelitian pemecahan masalah bidang pertanian yang melibatkan pengajar, mahasiswa dan peneliti pertanian, serta research invitation,” ujar Dr. Ir. Haryono, M.Sc., Kepala Badan LitBang Pertanian, Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

Melalui kerjasama ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi kedua belah pihak dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan yang dapat diwujudkan dalam kegiatan penelitian, pelatihan dan pengembangan sistem dan teknologi informasi pertanian secara berkala dan berkelanjutan.